Berita Dunia

World News

Chip Intel Tanpa Timah

Posted by ehs84 on May 30, 2007

Perusahaan Intel akan menghentikan penggunaan timah hitam pada jajaran prossessornya, karena timah hitam adalah salah satu bahan berbahaya mengandung racun. Hal ini akan dimulai dari keluarga prosessor Penryn yang dibuat dengan menggunakan proses 45 nanometer, yang akan bebas dari bahan timah pada akhir tahun 2007 ini. Chip prosessor yang menggunakan fabrikasi 65 nm akan dimulai tahun depan.

Intel dalam beberapa tahun belakangan telah berusaha untuk menghilangkan pemakaian timah hitam pada prosessornya. Pada tahun 2005 Intel telah mengeluarkan dana sebesar 100 juta dolar untuk mengembangkan material alternatif sebagai pengganti timah hitam pada mikroprosessor mereka. Pada tahun 2010 diharapkan produk mereka tidak lagi menggunakan timah hitam.

Intel mengatakan bahwa timah hitam adalah bahan yang baik untuk pembuatan semikonduktor akan tetapi bahan ini berbahaya untuk lingkungan karena mengandung bahan beracun. Intel pertama kali tidak menggunakan timah hitam pada produknya pada tahun 2002 pada produk flash memorinya. Sebagai pengganti timah hitam pada produk flash memorynya, Intel menggunakan bahan dari gabungan kalengtimah, perak dan tembaga. Nantinya prosessor mereka juga akan menggunakan solder berbahan kalengtimah-perak-tembaga ini. Akan tetapi Intel akan tetap menggunakan timah hitam sebanyak 0,02 gram untuk menyambungkan antara “silikon die” dengan “chip package”.

Intel juga menambahkan pergantian bahan ini tidak akan ber-efek pada performa prosessor.

sumber:
http://www.computerworld.com

Advertisements

One Response to “Chip Intel Tanpa Timah”

  1. Pras B Saksono said

    Seharusnya “Chip Intel tanpa Timbal”
    Saya telah membuka sumber artikel “Chip Intel tanpa timah” dari http://www.computerworld.com, yang berjudul “Intel eliminates the lead from its chips”. Terjemahan “lead” menjadi “timah” adalah salah. Yang benar, “lead” dalam bahasa Indonesia adalah “timbal” atau “timah hitam”. Sedangkan “timah” atau “timah putih” dalam bahasa Inggris adalah “tin”.
    Pada alinea terakhir juga disebutkan “…… solder berbahan kaleng-perak-tembaga ini”, yang merupakan terjemahan “… solder that uses tin-silver-copper alloy”. Di sini “tin” diterjemahkan sebagai “kaleng”, tetapi “tin” dalam arti “kaleng” adalah arti informal (colloquial English). “Kaleng” dalam bahasa Inggris yang formal adalah “tinplate”, artinya pelat baja yang dilapisi “timah putih”. Untuk diketahui, “timbal” adalah logam beracun (toxic metal), sedangkan “timah” adalah logam ramah lingkungan (“green metal”). Itulah mengapa, Intel sedang beralih ke penggunaan lead-free solder (“solder tanpa timbal”). Bahkan bensin pun kini cenderung dijual sebagai “bensin tanpa timbal” (lead-free gasoline) untuk mengurangi racun dari gas buangannya. Jadi, jangan keliru membedakan “timah” (tin) dengan “timbal” (lead).
    Salam, Pras.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: